Hobi Sapi Pasti banyak nih dari kalian yang bertanya tanya tentang apasih Penyebab Kaki Pincang Pada Ternak Sapi dan kenapa sapi yang sudah hamil 7 atau 8 bulan lebih pincang dan gak bisa berdiri berhari hari. Kira kira apasih peny4ebabnya, dan gimana sih cara pencegahannya kalau sampai hal tersebut terjadi ?.

Penyebab Kaki Pincang Pada Ternak Sapi

Penyebab kaki pincang pada sapi memang sangat banyak sekali hal yang terjadi. Pincang adalah salah satu kondisi penyakir klinis yang sangat sering dan memakan banyak biaya pada industri sapi perah. Penyebab pada sapi pincang tentu ada beberapa penyebab yang sangat sering di alami.

Dan pada umumnya para peternak sangat mengabaikan akan hal hal tersebut. Bahkan jika kaki sapi pincang mereka akan merasa rugi karena kalau dijual, sapi akan mendapatkan harga yang sangat jauh dari harga pasaran. Dan juga bisa dibilang akan sangat rugi bagi para peternak yang memang memiliki penyakit itu terus menerus.

Pada pembahasan kali ini mimin Hobi Sapi akan memberikan beberapa faktor Penyebab Kaki Pincang Pada Ternak Sapi yang tentunya harus kalian ketahui. Untuk kalian yang memang belum mengetahuinya atau bahkan ingin belajar bersama. Silakan simak dan ikuti terus artikel saya ini agar kalian bisa mendapatkan informasi penting seputar sapi.

1. Faktor kandang sapi yang terlalu keras, basah dan terlalu kasar merupakan faktor kaki sapi menjadi pincang.
2. Kondisi kandang yang terlalu sempit, tali pengikat terlalu pendek, karena jika aktivitas sapi didalam kandang terlalu terbatas itu akan menyebabkan kaki pincang pada sapi.
3. Sanitasi kandang yang sangat kurang diperhatikan tentu akan menjadi penyebab kaki sapi menjadi pincang. Sanitasi kandang merupakan faktor yang sangat penting untuk di perhatikan jika kalian ingin memulai usaha peternakan.
4. Lantai yang terlalu licin juga bisa menyebabkan sapi mudah terpeleset atau tergelincir dan tentu hal tersebut akan mengakibatkan kaki pincang.
5. Pemotongan kuku pada sapi yang memang tidak sesuai, tentu memotong kuku pada ternak baik itu sapi, kambing, domba atau kuda harus dilakukan dengan hati hati. Jika terjadi kesalahan pada pemotongan kuku, tentu hal tersebut akan mengakibatkan sapi menjadi pincang.

Faktor faktor yang telah saya bahas diatas tentu harus kalian lakukan jika memang tidak ingin ternak yang kalian jaga selama ini mengalami hal yang tidak di inginkan. Dalam usaha ternak hal yang harus dan sangat penting diperhatikan adalah sanitasi kandang.

Sanitasi kandang adalah hal yang penting untuk para peternak yang ingin sukses. Karena jika sanitasi saja berantakan, tentu ternak yang dihasilkan nantinya belum tentu sehat dan bersih seperti yang diinginkan selama ini.

Untuk kalian yang memang ingin mencari solusi dalam beternak ataupun berbagai macam jenis informasi yang menarik lainnya seputar beternak sapi. Tentu kalian bisa simak dan ikuti terus artikel Hobi Sapi ini agar kalian bisa mendapatkan informasi penting setiap harinya.

Terimakasih untuk kalian yang telah mengikuti dan membaca artikel saya kali ini tentang Penyebab Kaki Pincang Pada Ternak Sapi. Jangan lupa follow instagram dan fanspage resmi dari Hobi Sapi agar kalian juga bisa mengikuti dan melihat video yang di update setiap harinya.