Hobi Sapi Kembali lagi nih sama mimin Hobi Sapi, kali ini mimin akan membagikan sebuah informasi penting yang harus kalian ketahui yaitu tentang Jenis Hijauan Yang Bagus Untuk Sapi Potong. Mungkin disini kalian sering mengira bahwa pakan untuk sapi itu semua sama saja tidak ada yang berbeda. Tapi sebenarnya jika diteliti dengan baik, tentu akan ada perbedaannya.

Jenis Hijauan Yang Bagus Untuk Sapi Potong


Pakan hijauan terdiri dari bahan makanan yang berasal dari tumbuh tumbuhan atau tanaman dalam bentuk daun daunan, bunga atau batang. Bahan ini tentu umumnya dalam keadaan tebal, besar dan juga kasar yang kandungan energinya sangat relative rendah merupakan sumber vitamin dan mineral yang bagus. 

Tentu ada beberapa Jenis Hijauan Yang Bagus Untuk Sapi Potong dan juga sangat disukai oleh sapi. Pakan sapi dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu pakan hijauan, konsentrat dan juga pakan tambahan. Untuk jenis pakan hijauan tentu ada banyak macam jenisnya.

Pakan hijauan ternak memang salah satu hal yang sangat penting diberikan untuk ternak. Tanpa manajemen pakan yang baik, tentu ternak sapi potong yang dipelihara akan sangat berat untuk mencapai target bobot badan yang diharapkan.

Maka dari itu disini admin Hobi Sapi pada kesempatan hari ini akan memberikan sebuah informasi penting yang harus kalian pahami dan mengerti. Mungkin belum semua tau rumput apa saja yang sangat cocok untuk ternak sapi potong. Mudah mudahan dengan adanya artikel yang kali ini mimin sampaikan kalian dapat memahaminya dan bisa di terapkan untuk ternak sapinya.

Rumput King Grass (Rumput Raja)

1. Rumput raja termasuk tanaman yang berumur panjang, tumbuh tegak, berbentuk rumpun, perakarannya dalam dan tingginya bisa mencapai 4 meter. Rumput ini berbatang tebal dan keras, dan setelah tua daunnya lebar dan panjang dimana tulang daunnya keras.

2. Rumput Raja memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik yaitu kandungan BK 12,18%; PK 11,68; SK 32,49; LK; 1,70; ABU 18,15 dan TDN; 66,04. Tidak heran jika rumput ini sangat bagus sekali untuk pertumbuhan sapi potong atau jenis sapi lainnya.

3. Rumput raja memang merupaakan salah satu jenis rumput unggul karena memang rumput ini bisa dengan sangat mudah untuk di budidayakan dan memiliki produksi yang sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan rumput gajah.

Rumput Gajah

1. Rumput gajah adalah rumput yang memiliki ukuran yang sangat besar serta memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Rumput jenis ini juga biasanya digunakan sebagai pakan ternak seperti sapi, kambing gajah dan hewan ternak ruminansia lainnya. Rumput gajah ini tentu sangat banyak ditemukan di Indonesia karena memang jenis rumput ini sangat tahan terhadap cuaca yang panas.

2. Rumput ini juga memiliki kandungan nutrisi dan zat gizi yang sangat baik yaitu terdiri dari 19,9% bahan kering; 10,2 % protein kasar; 1,6% lemak; 34%,2 serat kasar; 11,7% abu; dan 42,3% bahan esktrak tanpa nitrogen.

Rumput Odot

1. Selain memiliki kandungan gizi yang sangat baik, rumput yang satu ini memiliki banyak keunggulan yang memang belum tentu dimiliki oleh kebanyakan ciri ciri rumput pada umumnya. Rumput ini tidak memiliki bulu pada batang nya yang membuatnya menjadi gatal. Karena pada umumnya ternak lebih suka karena batang dan daunnya lebih lemas dan lunak.

2.Tentunya rumput odot kandungan nutrisi atau gizinya tidak akan kalah dengan 2 rumput yang udah dibahas diatas dengan  kadar lemak daun 2,72% , kadar lemak daun 0,91 , protein daun 14,35% , protein batang 8.1 % , TDN (Total nutrisi yang dicerna) pada daun 72,68 % , TDN (Total nutrisi yang dicerna) batang 62,56% , dan protein kasarnya 14 %.

Menurut saya pribadi rumput itu adalah rumput yang sangat cocok dan tinggi nutrisi dan gizi untuk sapi potong. Jadi kalau kalian setuju dengan referensi rumput yang kali ini mimin bahas, tentu kalian bisa coba terapkan dirumah yaa.

Kalau informasi yang mimin bahas Jenis Hijauan Yang Bagus Untuk Sapi Potong ada kata kata yang salah atau kata yang tidak sesuai dengan kenyataan mohon maaf yaa. Soalnya ini sih menurut mimin pribadi dan pasti ada beberapa campur tangan dari beberapa teman teman mimin yang membantunya.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya yaa gaess. Mudah mudahan informasi yang kali ini mimin update dapat membantu kalian untuk memecahkan masalah dalam usaha penggemukan sapi yang selama ini kalian jalani.