Hobi Sapi  Cara Membuat Silase Untuk Pakan Ternak Sapi mungkin memang belum seluruh masyarakat di Indonesi menerapkan cara ini. Bahkan tidak sedikit bahwa jenis pakan ini bisa memberikan para peternak menghemat biaya atau bahkan menghemat tenaga. Hal umum yang diterapkan untuk memberikan pakan ternak mereka adalah dengan cara mempersiapkan makanan disetiap harinya.

Cara Membuat Silase Untuk Pakan Ternak Sapi


Indonesia memang terdapat 2 musim, yaitu Musim Hujan dan Musim Kemarau. Pada musim tersebut, tentu ketersediaan pakan dapat menjadi rintangan tersendiri bagi para peternak karena memang terbatasnya stok pakan atau bahkan tanaman terkena banjir atau bahkan kekeringan karena sangat jarang terjadinya hujan.

Dengan adanya sistem fermentasi adalah salah satu solusi yang dapat dimanfaatkan oleh para peternak untuk menjadikan stok disaat musim tersebut sedang terjadi. Tentunya pakan ini tetap berbasis hijauan pakan atau bahkan jerami padi yang memang memiliki nutrisi yang sangat tinggi sekali untuk ternak.

Fermentasi ini juga sangat cocok untuk diterapkan pada saat musim kemarau. Pakan ini tentunya akan menjadi lebih praktis, lebih menghemat waktu dan biaya tentunya. Pasti masih ada nih dari para peternak yang belum mengerti silase dan pastinya bertanya tanya yang gimana sih silase itu ?. Tentu di blog saya ini kalian bisa mendapatkan jawabannya sekaligus Cara Membuat Silase Untuk Pakan Ternak Sapi.

Apasih itu silase ? jadi, silase itu adalah pakan hijauan ternak yang diawetkan dengan cara di simpat di dalam kantong plastik atau bahkan juga bisa menggunakan drum. Tentu butuh proses terjadinya fermentasi dalam keadaan dedap dara atau anaerob.

Proses ini tentu membutuhkan atau melibatkan adanya bakteri bakteri atau mikroba yang membentuk asam susu, yaitu lactis acidi dan streptococcus yang hidup secara anerob dengan derajat keasaman 4(ph4). Maka dari itu mengapa pada saat proses silase atau pakan hijauan ternak yang tersimpat didalam kantong plastik atau drum harus tertutup dengan rapat. Sehingga proses silase atau fermentasi berjalan dengan baik dan pakan hijauan tidak cepat dibusukan oleh bakteri lain dan jamur.

Apasih Tujuan Untuk Membuat Pakan Fermentasi Atau Silase Untuk Pakan Ternak ?. Berikut adalah penjelasan mengenai tujuan untuk pembuatan fermentasi atau silase untuk pakan ternak. Tetap pantau terus blog saya yaa biar dapat ilmu tambahan yang banyak..

  1. Sebagai cadangan pakan dan persediaan pakan ternak pada saat musim kemarau panjang
  2. Untuk menyimpan dan menampung pakan hijauan yang berlebih pada saat musim hujan, sehingga sewaktu waktu dapat di manfaatkan pada musim kemarau tiba.
  3. Memanfaatkan pakan hijauan pada saat kondisi dengan nilai nutrisi terbaik seperti protein yang sangat tinggi.
  4. Mendayagunakan sumber pakan dari sisa sisa limbah pertanian ataupun hasil dari agroindustri seperti contoh pertanian dan perkebunan seperti bekatul, dedak, bungkil sawit, ampas tahu, tumpi jagung, janggel jagung dan masih banyak lainnya.
Tentu dengan adanya pemanfaatan bahan bahan yang ada dan telah disediakan oleh agroindustri tersebut dapat menjadikan nilai gizi atau nutrisi pakan pada sapi atau ternak lainnya akan lebih maksimal. Bahkan pertumbuhan ternak sendiri akan menjadi semaksimal mungkin seperti yang di inginkan.

Lalu bagaimana Cara Membuat Silase Untuk Pakan Ternak Sapi dengan menggunakan bahan bahan diatas atau bahkan bahan bahan tidak semuanya lengkap ?. Apakah bisa menggunakan bahan lainnya ? pasti akan ada pertanyaan seperti itu, jadi tenang saja. Tetap bersama kami disini agar bisa membuat pakan sapi dengan cara yang sederhana.

Bahan Bahan Yang Perlu Dipersiapkan Adalah Sebagai Berikut.
  1. Tetes tebu (Molases) gunakan sebanyak 3% saja dari bahan silase yang akan dibuat
  2. Dedak halus sebanyak 5% dari bahan silase yang akan dibuat
  3. Menir Jagung gunakan sebanyak 3,5% dari bahan silase yang dibuat nantinya
  4. Onggok Atau Ampas gunakan sebanyak 3% dari bahan silase yang akan dibuat
  5. Rumput Gajah atau hijauan lainnya sebagai bahan utama silase
  6. Kantong plastik atau Drum yang akan menjadikan tempat untuk menjadikan proses fermentasi pada silase.
Untuk cara pembuatan silasenya gimana mass ? apa aja yang dibutuhkan untuk membuat silase ?. Untuk bahan bahan karena sudah dijelaskan diatas, dibawah ini kalian cuma perlu simak cara pembuatan silase menurut saya pribadi.

Kalau emang masih ada yang salah atau kurang baik menurut para sedulur semua.. Tolong jangan ditiru yaa, soalnya ini yang dibahas menurut pengalaman yang emng udah saya dapat saat membuat silase tersebut. Okee gak perlu basa basi lagi dehh, berikut cara membuat silasenya, monggo disimak yaaa.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah potong kecil kecil rumput hijauan yang udah di siapkan tadi dengan menggunakan parang atau mesin chopper agar lebih bagus hasilnya. Tujuannya juga agar lebih mudah dimasukan ke dalam kantong plastik atau drum hingga pada agar tidak ada ruang untuk oksigen dan air yang masuk pada saat proses fermentasi nanti.

Langkah selanjutnya kalian bisa campurkan bahan pakan yang sudah di chopper atau di potong. Di campurkan dengan bahan bahan yang telah disediakan seperti yang udah saya jelaskan diatas.

Selanjutnya bahan pakan yang sudah di campur secara merata tersebut langsung dimasukan kedalam kantong plastik dan jangan lupa untuk di padatkan dengan tujuan agar tidak ada rongga udara yang masuk.

Setelah semua sudah selesai di masukan, jangan lupa untuk di tutup dengan lembaran plastik dan tutup rapat. Diatas penutup jangan lupa untuk diberikan pemberat seperti batu atau yang lain, tapi ingat jangan sapinya yang di taro diatas yaa hehehehe.

Nahh, pasti ada lagi nihh pertanyaan selanjutnya yang biasa di tanyakan para peternak.. Tapi sih pertanyaannya wajar kalau menurut saya, karena semua pasti mau belajar dan mau ilmu yang lebih, saya juga begitu soalnya hehehe.

Berapa lama mass untuk proses fermentasinya ? bagusnya berapa minggu mas baru bisa dikasih pakan ternak ? untuk proses fermentasi sendiri itu memakan waktu sekitar 6 sampai 8 minggu dan itu juga silase udah pasti akan bertahan kurang lebih 1 sampai 2 tahun.

Tips nih untuk kalian agar pakan silase atau pakan fermentasi tidak terbuang sia sia..Pada saat pemberian pakan atau pengambilan silase ini, ambillah secukupnya saja untuk beberapa hari agar tidak terbuang dan menjadi sia sia. Dan jika sudah di bongkar atau di ambil untuk pakan sapi.

Ada baiknya di jemur atau di angin anginkan terlebih dahulu ya biar gak terlalu panas mulut sapinya saat makan hehehe, becanda mass. Tips selanjutnya jangan terlalu sering membuka silase  yaa biar tetep awet lama silasenya dan gak cepat rusak.

Cukup sampai sini dulu yaaa, soalnya mimin Hobi Sapi lagi ada tugas lain.. Bagi kalian yang mau request pembahasan tentang sapi silakan dikoment ya gaesss pasti kalo ada waktu mimin buatkan, ohh iya ikuti terus updatetan video hobi sapi di fanspage facebook yaa.. Satu lagi nihhh, Hobi Sapi sudah ada instagram lohhh nihhh instagram nya @hobisapiofficial. jangan lupa di follow yaa see you gaess